Course

Audiostation bekerjasama dengan ARTSONICA school, sebagai pelopor edukasi digital audio di Indonesia sejak lebih dari 10 tahun lalu. Bagi kalian yang ingin memproduksi musik di rumah sendiri dan memaksimalkan alat yang ada, ini adalah kelas yang tepat buat kalian. Ada beberapa jenis kelas yang dapat anda pilih, yaitu:

Reguler Course

Program Reguler selesai dalam waktu 2 Bulan (32 Jam)

  1. Home Studio Production
  2. Laptop for Live
  3. Audio Mixing Technique
  4. Audio Mastering Technique

Short Course

Program Short Course selesai dalam waktu 2 Minggu (8 Jam)

  1. Basic Music Production
  2. Launchpad Course

Syarat Peserta :

  • Bisa menggunakan Windows atau Mac OSX seperti membuat folder baru, menjalankan software, copy file, hapus folder, meng-install software dsb.
  • Senang musik ! Siswa tidak diharuskan bisa memainkan alat musik. Walau begitu, penguasaan minimal satu instrumen musik akan sangat membantu saat belajar dan membuat karya. Kurikulum sekolah ArtSonica selalu disusun dengan asumsi bahwa siswa adalah pemula / awam di dunia ini !

Garis Besar Isi Kursus :

  • Memiliki pengetahuan dasar tentang suara dan bagaimana suara bekerja termasuk pengenalan sifat-sifat dasar suara. Juga pengetahuan dasar tentang hardware audio yang akan berguna saat produksi musik. Ini membuat siswa lebih paham saat nanti bekerja membuat musik dan merekam vokal serta instrumen musik yang pada akhirnya akan membuat karya musik siswa menjadi maksimal !
  • Menguasai penggunaan software untuk membuat produksi musik lengkap mulai dari tahap ‘brainstorming‘ atau mencari ide, membuat ‘guide music‘ atau musik dasar, menggunakan ‘musical loops‘, merekam virtual instrument via MIDI, merekam vokal dan instrumen musik termasuk mengedit data hasil rekaman baik data MIDI atau data Audio.
  • Menguasai dasar-dasar menggunakan beberapa efek penting seperti Compressor, EQ, Reverb dan Delay agar musik terdengar ‘balance’ atau seimbang baik dalam volume, panning, dinamika, karakter bunyinya dan agar musiknya terasa 3 dimensi !
    Catatan : Program Home Studio Production, Laptop for Live, Basic Music Production, dan Launchpad TIDAK mengajarkan secara detil penggunaan efek untuk mixing atau mastering tingkat lanjutan karena materi ini butuh waktu belajar yang banyak dan ini dijadikan program kursus terpisah yaitu AUDIO MIXING TECHNIQUES dan AUDIO MASTERING TECHNIQUES !
  • Mengetahui cara memprogram synthesizer secara dasar yaitu untuk keperluan membuat sound / patch / preset atau bunyi yang unik dan sesuai dengan kebutuhan suatu aransemen musik !
  • Mengetahui cara membuat sound sampling buatan sendiri dan tidak selalu bergantung pada sound sampling yang tersedia agar ada bunyi unik dalam karya musik siswa.

 

Sistem Kursus dan Biaya

Reguler Course : 

selesai dalam 2 bulan atau 8 Minggu, Setiap minggu 2x Pertemuan @2Jam

Total Biaya Kursus : Rp 7,500,000 ,- (belum termasuk biaya pendaftaran)

Short Course :

Selesai dalam 2 Minggu, Setiap minggu 2x Pertemuan @2jam

Total Biaya Kursus : Rp 2,000,000 ,- (belum termasuk biaya pendaftaran)

Setiap siswa yang ingin mengikuti Program Kursus diwajibkan melakukan pendaftaran dengan Biaya Rp 300,000

Jika ingin mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat dikenakan biaya ujian sebesar Rp 300,000