Articles

Rasa Apogee dengan harga miring?

Rasa Apogee dengan harga miring?
Apogee merilis Element series pada tanggal September 2016, produk ini merupakan audio interface premium dengan koneksi Thunderbolt. Element memperkenalkan ekosistem baru dengan sebuah percampuran antara software dan hardware. Apogee Element menawarkan kualitas Ensemble Thunderbolt dalam bentuk yang simple dan harga yang terjangkau.
Apogee telah dikenal sebagai inovator dalam industri audio professional yang telah menetapkan sebuah standar di dalam digital recording. Symphony dan Ensemble merupakan produk andalan dari mereka. Kualitas Audio Recording dari Ensemble pun dimasukkan ke dalam Element series. Dari kualitas AD/DA sampai ke mic preamps dan clocking, Apogee Element didesain menghasilkan kualitas sound Apogee yang legendaris. Produk ini juga menggunakan teknologi headphone output dari Apogee Groove, sehingga bisa mengoptimalkan kualitas suara dari berbagai macam headphones.
Pada Element 88 terdapat 8 input yang terdiri dari 4 combi jacks XLR Mic/Line dan 1/4″ Hi-Z Intrument serta 4  XLR/Line input. Pada bagian output Element 88 mempunyai 2 balanced  XLR outputs, 2 balanced 1/4″ outputs dan 2 1/4″ Stereo Headphone Outputs. Mungkin agak membingungkan bagi yang belum mengenal produk Apogee, karena ketika dihitung outpunya hanya ada 6 buah, namun sebenarnya 2 buah 1/4″ Stereo Headphone itu dihitung sebagai 4 output, karena basically keduanya adalah stereo out. Produk ini pun dapat diexpand hingga 16 inputs dan 16 outputs, dengan menggunakan koneksi optical yang mendukung ADAT, SMUX dan S/PDIF.
Masuk ke bagian kontrol, di produk ini sama sekali tidak ada tombol untuk mengontrol unit, karena pengoperasiannya dapat dilakukan di dalam software dan dengan teknologi mutakhirnya produk ini dapat dikontrol dengan menggunakan smartphone, mulai dari pengaturan untuk level, input, output, phantom power, hingga mute, dim dan sum to mono. Di update terbarunya, Apogee menambahkan fitur talkback sehinggu para pengguna dapat menggunakan built-in microphone di komputer/laptopnya sebagai tambahan untuk fitur talkback. Namun demikian Apogee juga mengeluarkan produk dengan nama Apogee Control untuk memberi kemudahan para pengguna untuk mengoperasikan Apogee Element.
Pro: 
– Harga terjangkau untuk sebuah audio interface yang berkualitas
– Software memberikan kemudahan dan fleksibiltas dalam mengoperasikan Element
Cons:
– Tidak disertai kabel Thunderbolt
Reviewed by Satrio Pratomo

Post Comment