Articles

Speaker Terbaik di Tahun 2017?

Speaker Terbaik di Tahun 2017?
Focal adalah brand speaker dari Prancis yang telah membuat monitor speaker yang banyak dipakai oleh audio industry professional, seperti Alpha series, CMS series, SM6 series. dan SM9. Pada 5 April 2017 yang lalu Focal mengumumkan speaker keluaran terbaru mereka yaitu Shape series. Seri ini merupakan adalah seri menengah di Focal Professional, berada diatas seri Alpha dan dibawah seri SM6.  Focal Shape tersedia dalam tiga ukuran yaitu 4 inch, 5 inch dan 6,5 inch yang berkisar antara 12 jutaan per pasang untuk ukuran terkecil dan 20 jutaan per pasang untuk ukuran terbesarnya .
Speaker ini didesain agar dapat bersuara baik, meskipun ditempatkan di dalam ruangan yang minim akan acoustic treatment, menggunakan inverted dome tweeter yang terbuat dari aluminum/magnesium dan posisi yang rendah sehingga lebih fleksibel untuk ditempatkan dan lebih akurat untuk mengontrol high frequency, teknologi flax sandwich cone dan passive radiatornya juga membuat bass lebih terkontrol, extended dan articulated. Speaker ini didesain tanpa menggunakan port, sehingga dapat ditempatkan dekat dengan tembok.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Shape 65, produk ini menggunakan natural walnut veneer untuk kabinetnya, serta dilengkapi Flax Sandwich Cone woofer sebesar 6,5, double passive radiator dengan ukuran yang sama, Neutral Inductance Circuit (N.I.C) magnetic yang mana merupakan magnetic circuit yang lebih stabil yang didesain untuk mengurangi distorsi, TMD surround yang juga membantu untuk mengurangi distorsi serta menghasilkan midrange response yang linear dan 1″ “M”-shaped aluminum/magnesium inverted dome tweeter. Di bagian belakangnya terdapat XLR dan RCA inputs sehingga memberi kemudahan para pengguna. Selain itu fitur high pass filter, bass & treble control, serta crossover juga ditanamkan di produk ini untuk room adjustment ketika dibutuhkan
Ketika saya mencoba speaker ini, semua control knob di bagian belakang dibiarkan di posisi flat, agar terdengar suara asli dari speaker ini. Impresi pertama ketika mendengarkan speaker ini adalah, low frequency terdengar detail dan jelas, serta staging dan depth sangat terasa. Detail yang dulu tidak terdengar dengan speaker monitor saya, sekarang terasa lebih jelas. Pada awalnya saya menyangka speaker ini low frequency nya agak berlebihan, tapi pada saat kembali ke speaker monitor saya yang lama ternyata monitor saya yang low-nya agak “menipu”.
Shape series merupakan suatu lompatan besar dari Alpha series, dengan harga yang bersahabat. Good job, Focal!
Pro:
-Tight dan articulated low
-Affordable
-Good Value
Cons:
-Tidak ada level control, sehingga jika mempunyai 2 pasang speaker, produk ini akan mengeluarkan suara lebih keras

Post Comment